Skip to main content

Posts

Benarkah Cinta Negara Bagian Dari Iman ?

Benarkah cinta negara bagian dari iman? terdapat perkataan yang sangat terkenal "Cinta negara bagian dari iman". Selanjutnya ada beberapa catatan terkait perkataan ini.

Pertama, bahwa perkataan ini bukan Hadits Nabi SAW.
Para Ulama hadits menegaskan perkataan ini sebagai hadits palsu, diantarannya

1. As-Shaghani dalam Al-Maudhu'at (daftar hadits palsu) memasukkan hadits ini pada daftar hadits palsu no. 81.

2. Muhammad Al-Fattani dalam Tadzkiratul Maudhu'at dan beliau menegaskan bahwa tidak dijumpai sanadnya.

3. Ali Al-Qori dalam Al-Maudhu'at Al-Kubro dan beliau sebutkan beberapa penilaian Ulama hadits yang semuannya menegaskan bahwa hadits ini palsu.

4. Ahmad Al-Amiri dalam Al-Jiddul Hadits beliau menegaskan kalimat ini bukan hadits.

Kedua, apakah kalimat ini bisa diterima maknannya? Benarkah cinta negara bagian dari iman?
Sebagian Ulama seperti As-Sakhawi mengatakan bahwa makna kalimat ini benar. Namun, pernyataan beliau dibantah oleh Ali Al-Qori, dengan menukil…
Recent posts

Hukum Berangan-angan

Tidak semua angan angan dilarang dalam Islam bahkan jika itu bentuknya kebaikan, kita dianjurkan untuk berangan angan untuk mendapatkannya.

Dari Aisyah r.a Nabi SAW bersabda, ketika kalian berangna angan maka perbanyaklah, karena sejatinya dia sedang meminta Rabb-Nya 'Azza wajalla. (HR. Ibnu Hibban 2403, Thabrani dalam Al-Ausath 2/301 dan dishahihkan Al-Albani) ketika menyebutkan hadits ini.

Al-Baghawi menjelaskan, ini berlaku bagi orang yang berangan angan sesuatu yang mubah, terkait perkara dunia atau akhiratnya, agar dia menjadikan tempat bergantung nya kembali kepada Allah, doanya kepada Allah, meskipun angan angan nya sangat besar.

Allah SWT berfirman yang artinya "Mintalah kepada Allah karunia-Nya." (Syarh As-Sunnah, 5/208). Diantara angan angan yang baik yang kita dianjurkan untuk mendapatkannya adalah berangan angan untuk memiliki sesuatu agar bisa beramal soleh.

Dalam hadits Ibnu Mas'ud r.a, Nabi SAW bersabda, yang artinya " Tidak boleh ada hasad kecual…

Jangan Dianggap Remeh, Tidur Mendengkur Dapat Mengancam Nyawa Anda

Perubahan perubahan warna, tekstur atau bentuk fisik tubuh kita bisa menandakan kondisi kesehatan kita loh. Dan oleh karena itu kali ini kita akan share ke kalian nih, tanda tanda apa sajakah yang berpotensi mendeteksi penyakit membahayakan yang dialami oleh tubuh

1. Tanda Kaos Kaki

hayo! kalian pada sadar nggak kalau habis pake kaos kaki suka ada bekasnya kayak gitu. Nah! bekas kayak gitu biasannya akan muncul kalau kalian memakai kaos kaki yang ukurannya kekecilan. Tapi kalau ukuran kaos kakinnya udah benar, terus kaki kalian masih tetap kayak gitu dan cenderung bengkak kayaknya wajib banget untuk pergi ke dokter tuh.

Soalnya penyakitnya nggak main main nih, mulai dari penyakit jantung, ginjal dan juga penyakit hati. Waduh! serem banget kan? Tapi sebenernya sih penyakit ini dapat dicegah, dimana kalian tuh harus menerapkan pola hidup sehat dan mengurangi makan dengan kadar garam yang terlalu tinggi.

2. Bercak pada leher

Leher dan juga ketiak yang ada bercak hitamnya biasannya diang…

Waspada, memar tandakan kanker berbahaya.

Kanker? jika kalian mendengar hal tersebut, pasti kalian sudah tak asing lagi kan dengan penyakit yang satu ini. Kalian tahu tidak, kanker merupakan penyakit yang berbahaya, semua orang bisa menderita penyakit tersebut.

Penyakit ini sering merenggut banyak nyawa, itu disebabkan karena mereka tidak tahu gejala gejala yang timbul dan mereka hanya menyepelekan hal tersebut, sehingga penyakit tersebut semakin tumbuh dan lama kelamaan dapat menyebabkan kematian.

Berbicara soal kanker, kita biasa mendengar penyakit ini dialami oleh wanita yaitu kanker rahim, kanker serviks dan lain sebagainnya. Namun, kita jarang mendengar bahwa laki-laki juga bisa  terkena penyakit tersebut. Tapi faktanya banyak juga yang terjangkit oleh penyakit mematikan ini.
Kali ini kita membahas tentang gejala gejala kanker yang dialami oleh kaum laki-laki.



Inilah Gejala Awal kanker Yang Harus di Waspadai Bagi Kaum Pria1. Susah buang air kecil

Jika anda selalu merasa sulit buang air kecil atau ketika anda buang air k…

Diet Menurut Syariat Agama Islam, Simak ini!

Bagi sebagian perempuan masalah berat badan bukan masalah ringan, berat badan berlebih acap kali menjadi momok, selain berdampak buruk bagi kesehatan badan yang terlalu gemuk juga sering kali dianggap mengganggu penampilan.

Karena itu, banyak wanita yang berusaha agar tubuhnya ideal dan proposional. Itu sebabnya para wanita melakukan berbagai cara untuk membentuk tubuh ideal. Ada yang melakukan diet ketat yang membatasi makanan tertentu, ada yang membakar lemak dengan rutin berolahraga, ada juga yang mengkonsumsi obat obatan yang dapat mengurangi berat badan. Lalu, apakah cara cara yang dilakukan oleh para wanita agar memiliki tubuh ideal ini dibenarkan dalam syariat islam?
Diet Menurut Syariat Agama


Dalam kitabnya yang berjudul Al mufashol fi ahkamil mar'a, Syekh Abdul karim zayyidan mengatakan "Program diet untuk mengurangi berat badan diperbolehkan dalam agama, sepanjang tidak berdmpak buruk bagi kesehatan tubuh".

Berdiet untuk tujuan kesehatan ataupun atas saran dar…

Puasa Arafah Penghapus Dosa

Diantara ibadah utama yang dilaksanakan di bulan dzulhijah adalah puasa pada hari arafah (9 Dzulhijah). Dalam hadits dari sahabat Abu Qatadah dinyatakan bahwa Nabi SAW pernah ditanya tentang puasa Asyuro, beliau SAW menjawab. "Puasa satu hari Arafah (9 Dzulhijah). Saya berharap kepada Allah Dia akan menghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya dan puasa hari 'Asyuro' (10 Muharram), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya." (HR. Muslim. No 1162).

Dari keterangan Hadits ini kita mengetahui puasa Arafah memiliki keutamaan dapat menghapus dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudahnya. Namun pertanyaannya, apakah hal ini berlaku utuk seluruh dosa?sehingga orang tidak perlu istighfar dan bertaubat?atau bila perlu seseorang bisa beralasan dengan puasa Arafah untuk melegalkan maksiat yang dia lakukan?

Mari kita simak penjelasan Imam Nawawi berikut
Ketika menjelaskan Hadits di atas makna Hadits ini, puasa Arafah akan …

Wow! Inikah Kacang Termahal Di Dunia

Kacang merupakan tanaman Arachis hypogaeal atau tanaman polong polongan yang termasuk dalam anggota suku fabaciae yang dibudidayakan, setelah menjadi kacang kacangan terpenting kedua setelah kedelai.

Kacang ini juga mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak dihargai sebagai bahan pangan tinggi. Kacang juga dikenal sebagai kacang tanah dan goober adalah tanaman pentingnya global, tanaman ini tumbuh luas di daerah tropis dan juga subtropis.

Salah satu daerah tropis yang banyak ditumbuhi tanaman tersebut adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, tanaman kacang terdapat macam macam jenisnya yaitu kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan berbagai jenis lainnya.

Kalian pernah dengar tidak tentang kacang termahal didunia? Ternyata, kacang ini tumbuh di Negara Indonesia loh? Kacang apa itu?


Kacang Makadamia 

Mungkin kacang ini tak banyak dikenal di Indonesia, harganya yang mahal membuat kacang australia ini jarang ditemui di Indonesia. Namun jangan salah, kacang yan…